Perbedaan Memory RAM DDR, DDR2, DDR3,DDR4

 

kali ini, ane akan memberikan informasi tentang perbedaan antara memory RAM DDR, DDR2, DDR3,DDR4 pada komputer PC dan Laptop,simak yaa


wpid-tam-murah-4gn-v-gen.jpg.jpeg

RAM adalah komponen yang penting dalam sebuah PC/komputer pribadi. Dimana RAM berperan sebagai penyimpanan data intruksi sementara yang ada di PC sebelum di eksekusi dan diolah oleh processor. Untuk komputer, type RAM yang dipakai adalah berjenis DDR (Doble Data Rate) memory. Sesuai dengan sebutanya, RAM berjenis DDR memiliki dua buah jalur untuk lalu lintas data dari atau ke processor. Terdapat lagi versi QDR yang memakai 4 buah jalur. Ini dipakai di Grapich card dan ram khusus workstation dan server. Untuk PC dan laptop consumer biasa, biasa memakai DDR.


ddr memory ram pengertian
Selama bertahun-tahun memory RAM ini di upgrade generasinya. Untuk yang terbaru, sudah ada generasi ke empat. Untuk penamaan generasi, di tempatkan di setelah nama DDR. Yaitu memory RAM DDR untuk generasi pertama, RAM DDR2 untuk memory generasi kedua, RAM DDR3 untuk generasi ketiga dan DDR4 untuk generasi ke empat. Untuk memory ram yang paling sering dipakai sekarang adalah memory ram DDR3. Lalu apa perbedaan diantara masing-masing generasi ?? berikut perbedaanya.

type memory 

Untuk Penjelasan pertama di bagian type memory adalah seperti yang saya jelaskan diatas adalah generasi dari memory ram tersebut. Sedangkan untuk Varian adalah type yang dihadirkan dari memory Ram dari generasi tersebut. Semakin tinggi angka maka akan semakin kencang. Contoh saja untuk memory ram DDR3 PC 1600 ini memakai Bus clock sebesar 1333 mhz sedangkan ddr3 12800 memiliki clock sebesar 1600 mhz DDR3 1600 memiliki transfer rate sebesar 1.3 GT/s sedang PC 12800 memiliki kecepatan transfer rate sebesar 1.6 GT/s . Membuat PC 12800 ini menjadi lebih kencang dalam hal performa dari DDR3 PC 1600.
Untuk Fabrikasi chip dan voltage. Di memory ram terdapat sebuah IC yang sebagai memory penyimpanan dari ram tersebut. Untuk memory ini, semakin kesini memiliki ukuran semakin kecil dengan kinerja kencang namun, memiliki voltase lebih rendah yang membuat lebih rendah suhu. berikut penjelasanya

0 Response to "Perbedaan Memory RAM DDR, DDR2, DDR3,DDR4"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan

Powered by Blogger.